Senin, 23 November 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Tema Berbagai Pekerjaan)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : Sekolah Dasar Negri Bandar Karya
Kelas/Semester         : IV/1
Tema                         : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema                  : Jenis-Jenis Pekerjaan
Pembelajaran            : 1 (satu)
Pukus pembelajaran : Bahasa Indonesia, IPS & IPA
Alokasi Waktu          : 7 x 35 menit
 
A.    Kompetensi Inti:
1.      Menerima , menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar & Indikator
Bahasa Indonesia
IPS
IPA
Kompetensi dasar
3.4.Menggali informasi tentang teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4.Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indnesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

3.7  Mendiskripsikan hubungan antara sumber daaya alaam dengan lingkunagan, teknologi, dan masyarakaat.
4.7    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari dan kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknplogi tersebut.
Indikator
·    Menemukan informasi tentan teh dan proses pembuatannya melalui kegiatan membaca.
·    Menyajikan cerita singkat tentang proses pembuatan teh setelah kegiatan membaca.
·    Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis daerah tempat  tinggal.
·    Menjelaskan hubungan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi geografis lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta.
·    Menjelaskan sumberdaya alam di suatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada.

C.    Tujuan Pembelajaran:
1.    Dengan menyajikan bacan tentang hubungan sumberdaya alam dan pekerjaannya, maka siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya alam dan pekerjaan yang ada di daerah tersebut dengan teliti.
2.    Dengan kegiatan membaca dan menganalisis bacaan, maka siswa mampu menemukan informasi tentang teh, jenis pekerjaan dan proses pembuatannya dengan benar.
3.    Dengan kegitan membaca peta, maka siswa mampu menjelaskan hubungan antara beberapa jenis pekerjaan dengan kondisi geografis daerah tempat tinggal secara benar.
4.    Dengan membaca teks petualangan “UlilSi Daun Teh”, maka siswa mampu menjelaskan proses daun teh menjadi teh tubruk secara runtut.


I.     Materi Pembelajaran
a)    Mencari informasi tentang teh dan proses pembuatannya
b)   Jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
c)    SDA di suatu daerah dengan menghubungkanya dengan jenis-jenis pekerjaan

II.  Pendekatan & Metode
a)      Pendekata                    : Scientific
b)      Strategi                        : Cooperative Learning
c)      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
d)     Model Pembelajaran    : Group Investigation dan inquiri

III.    Alat dan Sumber belajar: 
a)      Media gambar             : Kondisi lingkungan & jenis profesi masyarakat
b)      Sumber belajar : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah

IV.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 KEGIATAN PEMBELAJARAN 

AWAL
1.      Menyiapkan siswa secara psikis, berdo’a dan mengabsensi kehadiran siswa
2.      Apersepsi dan memotivasi siswa
3.  Meng informasikan tema & sub tema yang akan dipelajari serta menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran mengunakan model pembelajaran group investigation dan inquiri. 

INTI
[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation]
1.      Menyampaikan materi tentang jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sunber daya alam. (Mengamati gambar jenis-jenis pekerjaan yang ada di dalam buku siswa)
2.      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (4-5 orang).
3.      Merencanakan tugas yang akan dipelajari
·      Para siswa merencanakan bersama mengenai:
·      Apa yang akan mereka pelajari?
·      Bagaimana mereka akan mempelajarinya?
·      Siapa melakukan apa? (pembagian tugas) untuk tujuan atau kepentingan apa kita mengivestigasi?
4.      Setiap kelompok mempunyai tugas melakukan pengamatan, diskusi dan membuat laporan hasil.
·      Para siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan sejumlah topik, dan mengkatagorikan saran-saran.
·      Para siswa bergabung dengan kelompoknya untuk mempelajari topik yang telah mereka pilih.
·      Komposisi kelompok didasarkan pada keterikatan siswa dan harus bersifat heterogen
·      Guru membantu dalam mengumpulkan informasi dan memfasilitasi pengaturan
5.      Dalam kelompok masing-masing siswa membahas materi yang sudah ditentukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
·         Para siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan.
·         Tiap anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya
·         Para siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklasifikasi, dan mensistesis semua gagasan.
6.     Setelah selasai diskusi, ketua kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya didepan kelas.
·      Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esinsial dari hasil investigasi mereka
·      Anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat laporan mereka
·      Wakil-wakil kelompok mengkoordinasikan rencana-rencana persentasi

 7.  Setelah semua kelompok selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru dan murid berkolaborasi dalam mengevaluasi hasil diskusi kelompok
 

[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiri]
1.      Langkah orientasi
Guru membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif dan kondusif, menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan guru membagi siswa dalam berbagai kelompok.
2.      Merumuskan masalah
Guru membimbing siswa merumuskan untuk membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki.
3.      Merumuskan Hipotesis
Membimbing siswa merumuskan hipotesis yang berarti jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji.
4.      Mengumpulkan data
Guru mempasilitasi siswa untuk menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
5.      Menguji Hipotesis
Guru membimbing siswa dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6.      Merumuskan kesimpulan
 Guru membimbing siswa merupakan proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
 
AKHIR
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil belajar dan diskusi
  2. Evaluasi pada akhir pembelajaran


V.          Penilaian : Lisan, Tes tertulis, sikap & keterampilan terlampir.

Mengetahui,
Kepala SDN Bandar Kaya


(                                        )
NIP.                                 
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , 2014
Peneliti


(                                      )
NIP                                 
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : Sekolah Dasar Negri Bandar Karya
Kelas/Semester         : IV/1
Tema                         : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema                  : Jenis-jenis pekerjaan
Pembelajaran            : 2 (dua)
Pukus pembelajaran : IPS,  IPA, SBDP & Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu          : 7 x 35 menit
 
A.    Kompetensi Inti:
1.      Menerima , menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar & Indikator
IPS
SBDP
IPA
Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar
3.1  Mengenal manusia, aspek keuangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi dan pendidikan
4.1.Mencerminkan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas atar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam lingkup masyarakat  disekitarnya
3.1. Mengenal karya dua dan tiga demensi berdasarkan pengamatan
4.1  Menggambar berdasarkan tema
3.7.Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7  Menyajikan laporaan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehudupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
3.4.Menggali informasi tentang teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4.Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indnesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·    Menjelaskan berbagai sumber daya alam dan hubungannya dengan jenis pekerjaan
·    Membedakan sumber daya alam dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
·    Menggambar berdasarkan intruksi yang diberikan
·    Menjelaskan hubungan antara SDA dengan  kondisi lingkungan setempat hidup masyarakat
·    Menemukan informasi tentang sumber daya alam (bambu, kayu, dan logam)

C.    Tujuan Pembelajaran:
1.    Dengan mengamati gambar dan membaca teks, maka siswa mampu menjelaskan hubungan berbagai sumber daya alam dengan jenis-jeni pekerjaan
2.    Dengan membaca teks sumber daya alam, maka siswa mampu menentukan informasi tentang sumber daya alam (bambu, kayu, dan logam).
3.    Setelah membaca teks sumberdaya alam, maka siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan kondisi lingkungan tempat hidup masyarakat dengan bahasa santun.
4.    Dengan mengamati alam sekitar, maka siswa mampu menggambar alam berdasarkan instruksi yang diberikan.

I.     Materi Pembelajaran
a)    SDA dengan jenis-jenis pekerjaan
b)   Menemukan informasi tentang SDA
c)    Hubungan SDA dengan kondisi lingkungan masyarakat
d)   Menggambar pemandangan

II.  Pendekatan & Metode
a)      Pendekata                    : Scientific
b)      Strategi                        : Cooperative Learning
c)      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
d)     Model Pembelajaran    : Group Investigation dan inquiri

III.    Alat dan Sumber belajar: 
a)      Pemandangan di sekitar sekolah  digunakan sebagai objek menggambar pemandangan alam
b)      Kertas tambahan bila siswa ingin menggambar lebih dari satu objek
c)      Pensil, pensil warna, crayon atau cat air
 
IV.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN
AWAL 

1.      Menyiapkan siswa secara psikis, berdo’a dan mengabsensi kehadiran siswa
2.      Apersepsi dan memotivasi siswa
3.  Meng informasikan tema & sub tema yang akan dipelajari serta menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran mengunakan model pembelajaran group investigation dan inquiri.

INTI

[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation]

1.      Menyampaikan materi tentang jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa, berkaitan dengan SDA (Mengamati gambar yang ada dalam buku siswa).

2.      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (4-5 orang).
3.      Merencanakan tugas yang akan dipelajari
·      Para siswa merencanakan bersama mengenai:
·      Apa yang akan mereka pelajari?
·      Bagaimana mereka akan mempelajarinya?
·      Siapa melakukan apa? (pembagian tugas) untuk tujuan atau kepentingan apa kita mengivestigasi?
4.      Setiap kelompok mempunyai tugas melakukan pengamatan, diskusi dan membuat laporan hasil.
·      Para siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan sejumlah topik, dan mengkatagorikan saran-saran.
·      Para siswa bergabung dengan kelompoknya untuk mempelajari topik yang telah mereka pilih.
·      Komposisi kelompok didasarkan pada keterikatan siswa dan harus bersifat heterogen
·      Guru membantu dalam mengumpulkan informasi dan memfasilitasi pengaturan
5.      Dalam kelompok masing-masing siswa membahas materi yang sudah ditentukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
  ·   Para siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan. 
  ·  Tiap anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya
 ·  Para siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklasifikasi, dan mensistesis semua gagasan.
6.      Setelah selasai diskusi, ketua kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya didepan kelas. 
·      Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esinsial dari hasil investigasi mereka
·    Anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat laporan mereka
·      Wakil-wakil kelompok mengkoordinasikan rencana-rencana persentasi
7. Setelah semua kelompok selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru dan murid berkolaborasi dalam mengevaluasi hasil diskusi kelompok.   
 
[
Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiri]
1.      Langkah orientasi
Guru membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif dan kondusif, menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan guru membagi siswa dalam berbagai kelompok.
2.      Merumuskan masalah
Guru membimbing siswa merumuskan untuk membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki.
3.      Merumuskan Hipotesis
Membimbing siswa merumuskan hipotesis yang berarti jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji.
4.      Mengumpulkan data
Guru mempasilitasi siswa untuk menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
5.      Menguji Hipotesis
Guru membimbing siswa dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6.      Merumuskan kesimpulan 
    Guru membimbing siswa merupakan proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. 

AKHIR  
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil belajar dan diskusi  
2.   Evaluasi pada akhir pembelajaran 

V.          Penilaian : Lisan, Tes tertulis, sikap & keterampilan terlampir.

Mengetahui,
Kepala SDN Bandar Kaya



(                                )
NIP.                        
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , 2014
Peneliti



(                                )
NIP.                         
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : Sekolah Dasar Negri Bandar Karya
Kelas/Semester         : IV/1
Tema                            : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema                    : Barang dan jasa
Pembelajaran             : 3 (tiga)
Pukus pembelajaran : Bahasa Indonesia, IPS, IPA & Matematika
Alokasi Waktu           : 7 x 35 menit 
 


A.    Kompetensi Inti:

1.      Menerima , menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar & Indikator
Bahasa Indonesia
IPS
IPA
Matematika
Kompetensi dasar
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1    Mengamati, mengelola, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.Mengenal manusia, aspek keruangan, kontektivitas antara ruang, perubahan dan keberlanjutan dalaam waktu, sosial, ekonomi dan pendidikan
4.1.Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang perubahan, dan berkelanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, serta pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya.
3.7.Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.9.Menyajika laporan hasil pengamatan tenntang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

3.13.Memahami luas segitiga, persegi panjang dan persegi.
4.9.Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometris.
Indikator
·    Menyajikan teks laporan tentang teknologi pengolahan pembuatan pensil
·    Menjelaskan jenis dan sebab akibat dari beberapa peristiwa alam.
·    Menyajikan laporan tentang teknologi pengolahan pembuatan pensil
·    Menjelaskan konsep segitiga melalui kegiatan analisa dan bereksplorasi

 
C.    Tujuan Pembelajaran:
1.    Setalah kegiatan eksplorasi, maka siswa mampu menyimpulkan cara menghitung luas segitiga dengan benar.
2.    Dengan mengelola informasi dari teks, maka siswa mampu menuliskan laporan tentang proses pembuatan pensil dengan runtun dan benar.
3.    Setelahmenganalisis teks yang diberikan, maka siswa mampu menyajikan laporan tentang proses pembuatan pensil dengan benar.
4.    Setalah proses mengamati gambar dan berdiskusi, maka siswa mampu menjelaskan tentang jenis, serta sebab akibat dari peristiwa alam itu dengan benar.

I.     Materi Pembelajaran
a)    Menghitung luas segitiga dengan benar
b)   Mengelola informasi dari teks
c)    Peristiwa alam
d)   Membuat laporan

II.  Pendekatan & Metode
a)      Pendekata                    : Scientific
b)      Strategi                        : Cooperative Learning
c)      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
d)     Model Pembelajaran    : Group Investigation dan inquiri

III.    Alat dan Sumber belajar: 
a)      Gunting, kertas, bangun persegi panjang, dan penggaris

IV.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 

AWAL

1.      Menyiapkan siswa secara psikis, berdo’a dan mengabsensi kehadiran siswa
2.     Apersepsi dan memotivasi siswa
3.  Meng informasikan tema & sub tema yang akan dipelajari serta menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran mengunakan model pembelajaran group investigation dan inquiri. 


INTI 
[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation]


1.      Menyampaikan materi tentang barang dan jasa yang ada hubungannya dengan SDA, serata cara menemukan rumus luas segitiga (mengamati gambar yang ada dalam buku siswa)
2.      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (4-5 orang).
3.      Merencanakan tugas yang akan dipelajari
·      Para siswa merencanakan bersama mengenai:
·      Apa yang akan mereka pelajari?
·      Bagaimana mereka akan mempelajarinya?
·      Siapa melakukan apa? (pembagian tugas) untuk tujuan atau kepentingan apa kita mengivestigasi?
4.      Setiap kelompok mempunyai tugas melakukan pengamatan, diskusi dan membuat laporan hasil.
·      Para siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan sejumlah topik, dan mengkatagorikan saran-saran.
·      Para siswa bergabung dengan kelompoknya untuk mempelajari topik yang telah mereka pilih.
·      Komposisi kelompok didasarkan pada keterikatan siswa dan harus bersifat heterogen
·      Guru membantu dalam mengumpulkan informasi dan memfasilitasi pengaturan
5.      Dalam kelompok masing-masing siswa membahas materi yang sudah ditentukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
·         Para siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan.
·         Tiap anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya
·         Para siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklasifikasi, dan mensistesis semua gagasan.
6.   Setelah selasai diskusi, ketua kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya didepan kelas. 
 ·      Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esinsial dari hasil investigasi mereka
·      Anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat laporan mereka
·      Wakil-wakil kelompok mengkoordinasikan rencana-rencana persentasi
7.  Setelah semua kelompok selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru dan murid berkolaborasi dalam mengevaluasi hasil diskusi kelompok.

[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiri

1.      Langkah orientasi

Guru membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif dan kondusif, menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan guru membagi siswa dalam berbagai kelompok.
2.      Merumuskan masalah
Guru membimbing siswa merumuskan untuk membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki.
3.      Merumuskan Hipotesis
Membimbing siswa merumuskan hipotesis yang berarti jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji.
4.      Mengumpulkan data
Guru mempasilitasi siswa untuk menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
5.      Menguji Hipotesis
Guru membimbing siswa dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6.      Merumuskan kesimpulan
Guru membimbing siswa merupakan proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. 
 
AKHIR

1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil belajar dan diskusi
  2.    Evaluasi pada akhir pembelajaran

 V.          Penilaian : Lisan, Tes tertulis, sikap & keterampilan terlampir.

Mengetahui,
Kepala SDN Bandar Kaya



(                                )
NIP.                        
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , 2014
Peneliti



(                                )
NIP.                         




Tidak ada komentar:

Posting Komentar