|
1.
Menerima
, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Bahasa
Indonesia
|
IPS
|
IPA
|
Kompetensi
dasar
|
||
3.4.Menggali informasi tentang teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.4.Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indnesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
3.5.Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
|
3.7 Mendiskripsikan hubungan antara sumber daaya
alaam dengan lingkunagan, teknologi, dan masyarakaat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari dan kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknplogi tersebut.
|
Indikator
|
||
· Menemukan informasi tentan teh dan proses
pembuatannya melalui kegiatan membaca.
· Menyajikan cerita singkat tentang proses pembuatan
teh setelah kegiatan membaca.
|
· Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
berdasarkan kondisi geografis daerah tempat
tinggal.
· Menjelaskan hubungan jenis-jenis pekerjaan
dengan kondisi geografis lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca
peta.
|
· Menjelaskan sumberdaya alam di suatu daerah dan
menghubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada.
|
C. Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyajikan bacan tentang hubungan
sumberdaya alam dan pekerjaannya, maka siswa mampu menjelaskan hubungan sumber
daya alam dan pekerjaan yang ada di daerah tersebut dengan teliti.
2. Dengan kegiatan membaca dan menganalisis bacaan,
maka siswa mampu menemukan informasi tentang teh, jenis pekerjaan dan proses
pembuatannya dengan benar.
3. Dengan kegitan membaca peta, maka siswa mampu
menjelaskan hubungan antara beberapa jenis pekerjaan dengan kondisi geografis
daerah tempat tinggal secara benar.
4. Dengan membaca teks petualangan “UlilSi Daun
Teh”, maka siswa mampu menjelaskan proses daun teh menjadi teh tubruk secara
runtut.
I. Materi Pembelajaran
a) Mencari informasi tentang teh dan proses pembuatannya
b) Jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi
geografis
c) SDA di suatu daerah dengan menghubungkanya dengan
jenis-jenis pekerjaan
II. Pendekatan & Metode
a) Pendekata :
Scientific
b) Strategi :
Cooperative Learning
c) Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
d) Model Pembelajaran : Group Investigation dan inquiri
III.
Alat
dan Sumber belajar:
a) Media
gambar : Kondisi lingkungan
& jenis profesi masyarakat
b) Sumber
belajar : buku guru, buku siswa,
lingkungan sekolah
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
AWAL
1. Menyiapkan siswa secara psikis, berdo’a dan
mengabsensi kehadiran siswa
2. Apersepsi dan memotivasi siswa
3. Meng informasikan tema
& sub tema yang akan dipelajari serta menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran mengunakan model pembelajaran group investigation
dan inquiri.
INTI
[Kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation]
1. Menyampaikan materi tentang jenis-jenis pekerjaan
yang berhubungan dengan sunber daya alam. (Mengamati gambar jenis-jenis
pekerjaan yang ada di dalam buku siswa)
2. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (4-5
orang).
3. Merencanakan tugas yang akan dipelajari
· Para siswa merencanakan bersama mengenai:
· Apa yang akan mereka pelajari?
· Bagaimana mereka akan mempelajarinya?
· Siapa melakukan apa? (pembagian tugas) untuk
tujuan atau kepentingan apa kita mengivestigasi?
4. Setiap kelompok mempunyai tugas melakukan
pengamatan, diskusi dan membuat laporan hasil.
· Para siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan
sejumlah topik, dan mengkatagorikan saran-saran.
· Para siswa bergabung dengan kelompoknya untuk
mempelajari topik yang telah mereka pilih.
· Komposisi kelompok didasarkan pada keterikatan
siswa dan harus bersifat heterogen
· Guru membantu dalam mengumpulkan informasi dan
memfasilitasi pengaturan
5. Dalam kelompok masing-masing siswa membahas
materi yang sudah ditentukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
·
Para siswa
mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan.
·
Tiap
anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya
·
Para siswa
saling bertukar, berdiskusi, mengklasifikasi, dan mensistesis semua gagasan.
6. Setelah selasai diskusi, ketua kelompok
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya didepan kelas.
· Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esinsial
dari hasil investigasi mereka
· Anggota kelompok merencanakan apa yang akan
mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat laporan mereka
· Wakil-wakil kelompok mengkoordinasikan
rencana-rencana persentasi
7. Setelah semua kelompok
selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru dan murid berkolaborasi dalam
mengevaluasi hasil diskusi kelompok
[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiri]
1. Langkah
orientasi
Guru
membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif dan kondusif,
menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh
siswa dan guru membagi siswa dalam berbagai kelompok.
2. Merumuskan
masalah
Guru
membimbing siswa merumuskan untuk membawa siswa pada suatu persoalan yang
mengandung teka-teki.
3. Merumuskan
Hipotesis
Membimbing
siswa merumuskan hipotesis yang berarti jawaban sementara dari suatu
permasalahan yang sedang dikaji.
4. Mengumpulkan
data
Guru
mempasilitasi siswa untuk menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji
hipotesis yang diajukan.
5. Menguji
Hipotesis
Guru
membimbing siswa dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai
dengan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6. Merumuskan
kesimpulan
Guru membimbing siswa merupakan
proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian
hipotesis.
AKHIR
1. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil
belajar dan diskusi
2. Evaluasi
pada akhir pembelajaran
V.
Penilaian
: Lisan, Tes tertulis, sikap & keterampilan terlampir.
Mengetahui,
Kepala SDN Bandar Kaya
( )
NIP.
|
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,
2014
Peneliti
( )
NIP
|
|
A. Kompetensi Inti:
1.
Menerima
, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar & Indikator
IPS
|
SBDP
|
IPA
|
Bahasa Indonesia
|
Kompetensi
dasar
|
|||
3.1 Mengenal manusia, aspek keuangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi dan
pendidikan
4.1.Mencerminkan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas atar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
lingkup masyarakat disekitarnya
|
3.1. Mengenal karya dua dan tiga demensi
berdasarkan pengamatan
4.1 Menggambar berdasarkan tema
|
3.7.Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporaan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehudupan sehari-hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
|
3.4.Menggali informasi tentang teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.4.Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan
dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indnesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
Indikator
|
|||
· Menjelaskan berbagai sumber daya alam dan
hubungannya dengan jenis pekerjaan
· Membedakan sumber daya alam dapat diperbaharui
dan tidak dapat diperbaharui
|
· Menggambar berdasarkan intruksi yang diberikan
|
· Menjelaskan hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan setempat hidup
masyarakat
|
· Menemukan informasi tentang sumber daya alam
(bambu, kayu, dan logam)
|
C. Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan mengamati
gambar dan membaca teks, maka siswa mampu menjelaskan hubungan berbagai sumber
daya alam dengan jenis-jeni pekerjaan
2.
Dengan
membaca teks sumber daya alam, maka siswa mampu menentukan informasi tentang
sumber daya alam (bambu, kayu, dan logam).
3.
Setelah
membaca teks sumberdaya alam, maka siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya
alam dengan kondisi lingkungan tempat hidup masyarakat dengan bahasa santun.
4.
Dengan
mengamati alam sekitar, maka siswa mampu menggambar alam berdasarkan instruksi
yang diberikan.
I. Materi Pembelajaran
a) SDA dengan jenis-jenis pekerjaan
b) Menemukan informasi tentang SDA
c) Hubungan SDA dengan kondisi lingkungan masyarakat
d) Menggambar pemandangan
II. Pendekatan & Metode
a) Pendekata :
Scientific
b) Strategi :
Cooperative Learning
c) Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
d) Model Pembelajaran : Group Investigation dan inquiri
III.
Alat
dan Sumber belajar:
a) Pemandangan
di sekitar sekolah digunakan sebagai
objek menggambar pemandangan alam
b) Kertas
tambahan bila siswa ingin menggambar lebih dari satu objek
c) Pensil,
pensil warna, crayon atau cat air
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
AWAL
1. Menyiapkan siswa secara psikis, berdo’a dan
mengabsensi kehadiran siswa
2. Apersepsi dan memotivasi siswa
3. Meng informasikan tema
& sub tema yang akan dipelajari serta menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran mengunakan model pembelajaran group investigation
dan inquiri.
INTI
[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation]
1. Menyampaikan materi tentang jenis-jenis pekerjaan
yang menghasilkan barang dan jasa, berkaitan dengan SDA (Mengamati gambar yang
ada dalam buku siswa).
2. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (4-5
orang).
3. Merencanakan tugas yang akan dipelajari
· Para siswa merencanakan bersama mengenai:
· Apa yang akan mereka pelajari?
· Bagaimana mereka akan mempelajarinya?
· Siapa melakukan apa? (pembagian tugas) untuk
tujuan atau kepentingan apa kita mengivestigasi?
4. Setiap kelompok mempunyai tugas melakukan
pengamatan, diskusi dan membuat laporan hasil.
· Para siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan
sejumlah topik, dan mengkatagorikan saran-saran.
· Para siswa bergabung dengan kelompoknya untuk
mempelajari topik yang telah mereka pilih.
· Komposisi kelompok didasarkan pada keterikatan
siswa dan harus bersifat heterogen
· Guru membantu dalam mengumpulkan informasi dan
memfasilitasi pengaturan
5. Dalam kelompok masing-masing siswa membahas
materi yang sudah ditentukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
· Para siswa
mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan.
· Tiap
anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya
· Para siswa
saling bertukar, berdiskusi, mengklasifikasi, dan mensistesis semua gagasan.
6. Setelah selasai diskusi, ketua kelompok
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya didepan kelas.
· Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esinsial
dari hasil investigasi mereka
· Anggota kelompok merencanakan apa yang akan
mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat laporan mereka
· Wakil-wakil kelompok mengkoordinasikan
rencana-rencana persentasi
7. Setelah
semua kelompok selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru dan murid
berkolaborasi dalam mengevaluasi hasil diskusi kelompok.
1. Langkah orientasi
Guru
membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif dan kondusif,
menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh
siswa dan guru membagi siswa dalam berbagai kelompok.
2. Merumuskan masalah
Guru
membimbing siswa merumuskan untuk membawa siswa pada suatu persoalan yang
mengandung teka-teki.
3. Merumuskan Hipotesis
Membimbing
siswa merumuskan hipotesis yang berarti jawaban sementara dari suatu
permasalahan yang sedang dikaji.
4. Mengumpulkan data
Guru
mempasilitasi siswa untuk menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji
hipotesis yang diajukan.
5. Menguji Hipotesis
Guru
membimbing siswa dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai
dengan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6. Merumuskan kesimpulan
Guru membimbing siswa merupakan
proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian
hipotesis.
AKHIR
1. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil
belajar dan diskusi
2. Evaluasi
pada akhir pembelajaran
V.
Penilaian
: Lisan, Tes tertulis, sikap & keterampilan terlampir.
Mengetahui,
Kepala SDN Bandar Kaya
( )
NIP.
|
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,
2014
Peneliti
( )
NIP.
|
|
A. Kompetensi Inti:
1.
Menerima
, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar & Indikator
Bahasa Indonesia
|
IPS
|
IPA
|
Matematika
|
Kompetensi
dasar
|
|||
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengelola, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.Mengenal manusia, aspek keruangan,
kontektivitas antara ruang, perubahan dan keberlanjutan dalaam waktu, sosial,
ekonomi dan pendidikan
4.1.Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang perubahan, dan berkelanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, serta pendidikan dalam lingkup masyarakat di
sekitarnya.
|
3.7.Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.9.Menyajika laporan hasil pengamatan tenntang
teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
|
3.13.Memahami luas segitiga, persegi panjang dan
persegi.
4.9.Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik
dan geometris.
|
Indikator
|
|||
· Menyajikan teks laporan tentang teknologi
pengolahan pembuatan pensil
|
· Menjelaskan jenis dan sebab akibat dari
beberapa peristiwa alam.
|
· Menyajikan laporan tentang teknologi pengolahan
pembuatan pensil
|
· Menjelaskan konsep segitiga melalui kegiatan
analisa dan bereksplorasi
|
C. Tujuan Pembelajaran:
1. Setalah kegiatan eksplorasi, maka siswa mampu
menyimpulkan cara menghitung luas segitiga dengan benar.
2. Dengan mengelola informasi dari teks, maka siswa
mampu menuliskan laporan tentang proses pembuatan pensil dengan runtun dan
benar.
3. Setelahmenganalisis teks yang diberikan, maka
siswa mampu menyajikan laporan tentang proses pembuatan pensil dengan benar.
4. Setalah proses mengamati gambar dan berdiskusi,
maka siswa mampu menjelaskan tentang jenis, serta sebab akibat dari peristiwa
alam itu dengan benar.
I. Materi Pembelajaran
a) Menghitung luas segitiga dengan benar
b) Mengelola informasi dari teks
c) Peristiwa alam
d) Membuat laporan
II. Pendekatan & Metode
a) Pendekata :
Scientific
b) Strategi :
Cooperative Learning
c) Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
d) Model Pembelajaran : Group Investigation dan inquiri
III.
Alat
dan Sumber belajar:
a) Gunting,
kertas, bangun persegi panjang, dan penggaris
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
AWAL
1. Menyiapkan siswa secara psikis, berdo’a dan
mengabsensi kehadiran siswa
2. Apersepsi dan memotivasi siswa
3. Meng informasikan tema
& sub tema yang akan dipelajari serta menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran mengunakan model pembelajaran group investigation
dan inquiri.
INTI
[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation]
1. Menyampaikan materi tentang barang dan jasa yang
ada hubungannya dengan SDA, serata cara menemukan rumus luas segitiga
(mengamati gambar yang ada dalam buku siswa)
2. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (4-5
orang).
3. Merencanakan tugas yang akan dipelajari
· Para siswa merencanakan bersama mengenai:
· Apa yang akan mereka pelajari?
· Bagaimana mereka akan mempelajarinya?
· Siapa melakukan apa? (pembagian tugas) untuk
tujuan atau kepentingan apa kita mengivestigasi?
4. Setiap kelompok mempunyai tugas melakukan pengamatan,
diskusi dan membuat laporan hasil.
· Para siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan
sejumlah topik, dan mengkatagorikan saran-saran.
· Para siswa bergabung dengan kelompoknya untuk
mempelajari topik yang telah mereka pilih.
· Komposisi kelompok didasarkan pada keterikatan
siswa dan harus bersifat heterogen
· Guru membantu dalam mengumpulkan informasi dan
memfasilitasi pengaturan
5. Dalam kelompok masing-masing siswa membahas
materi yang sudah ditentukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
·
Para siswa mengumpulkan
informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan.
·
Tiap
anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan kelompoknya
·
Para siswa
saling bertukar, berdiskusi, mengklasifikasi, dan mensistesis semua gagasan.
6. Setelah selasai diskusi, ketua kelompok
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya didepan kelas.
· Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esinsial
dari hasil investigasi mereka
· Anggota kelompok merencanakan apa yang akan
mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat laporan mereka
· Wakil-wakil kelompok mengkoordinasikan
rencana-rencana persentasi
7. Setelah
semua kelompok selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru dan murid
berkolaborasi dalam mengevaluasi hasil diskusi kelompok.
[Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiri]
1. Langkah orientasi
Guru
membina suasana atau iklim pembelajaran yang responsif dan kondusif,
menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh
siswa dan guru membagi siswa dalam berbagai kelompok.
2. Merumuskan masalah
Guru
membimbing siswa merumuskan untuk membawa siswa pada suatu persoalan yang
mengandung teka-teki.
3. Merumuskan Hipotesis
Membimbing
siswa merumuskan hipotesis yang berarti jawaban sementara dari suatu permasalahan
yang sedang dikaji.
4. Mengumpulkan data
Guru
mempasilitasi siswa untuk menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji
hipotesis yang diajukan.
5. Menguji Hipotesis
Guru
membimbing siswa dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai
dengan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6. Merumuskan kesimpulan
Guru membimbing siswa merupakan
proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian
hipotesis.
1. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil belajar
dan diskusi
2. Evaluasi
pada akhir pembelajaranV. Penilaian : Lisan, Tes tertulis, sikap & keterampilan terlampir.
Mengetahui,
Kepala SDN Bandar Kaya
( )
NIP.
|
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,
2014
Peneliti
( )
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar