Senin, 07 Mei 2012

TRANSKIP RPP Bsh, Indonesia


TRANSKIP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan                              : SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran                                    : BAHASA INDONESIA
Kelas/semester                                    : IV/2
Materi pembelajaran                            : Mengarang bebas
Jumlah Pertemuan/pertemuan ke        : 1 kali
Alokasi Waktu                                    : 1x  jam pelajaran ( 1x15 menit )

 
 
 
Standar Kompetensi :
8.         Mengunkapakan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.

Kompetensi Dasar :
8.1       Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan ( huruf besar, tanda titik, tanda koma,dll)

Indikator :
         1.         Menentukan tema atau topik karangan.
         2.         Menyusun kerangka karangan.
         3.         Menyusun kerangka dengan mengguanakan bahasa dan ejaan yang disempurnakan.
         4.         Membaca hasil karangan dengan intonasai yang tepat.

I.                   Tujuan Pembelajaran :
                                             1.           Siswa diharapkan mampu menentukan tema atau topik karangan.
                                             2.           Siswa mamapu menyusun kerangka karangan.
                                             3.           Siswa diharapkan mampu mengembangkan karangannya dengan menggunakan bahasa dan ejaan yang disempurnakan.
                                             4.           Siswa mampu membaca hasil karangananya dengan intonasi yang tepat.
II.                Tujuan pelatihan :

a)      Bertanya dasar
                                                                       1.         Memberikan pertanyaan (8)
                                                                       2.         Pemberian acuan (1)
                                                                       3.         Pemusaatan (3)
                                                                       4.         Pemberian waktu berfikir (1)
                                                                       5.         Menyebarkan pertanyaan (4)
                                                                       6.         Pemindahan giliran (8)

b)      Penguatan
                                                                       1.         Verbal (5)
                                                                       2.         Mimic dan gerakan (3)

c)      Variasi
                                                                       1.         Suara; tinggi-rendah ( 3 )
                                                                       2.         Pemusatan perhatian (3)
                                                                       3.         Gerakan badan dan mimic ( 3 )
                                                                       4.         Menganadakan kontak pandang ( 2 )
                                                                       5.         Perubahan posisi ( 4 )

III.             Langkah Kegiatan :
Langkah Pembelajaran
  
1.   Kegiatan Awal (3 menit)
Guru                : Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh
Siswa               : Wa’alaikumsalam Warahmatullahiwabarakatuh
Guru                : Selamat pagi anak-anak
Siswa               : selamat pagi bu.
Guru                : Apa kabar kalian hari ini ?
Siswa               : Baik bu. ( siswa menjawab dengan serentak)
Guru                : Siapa yang tidak hadir hari ini ?
Siswa               : Lengkap pak ( siswa menjawab dengan semangat )
Guru               : Alhamdulillah kalau kalian semua sehat semua dan bisa hadir
kesekolah pada hari ini. Baiklah anak-anak sebelum memulai pelajaran hari ini, ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu kepada ALLAH SWT. Nah, anak-anak siapa yang ingin memimpin berdoa ?
            Siswa               : Saya pak guru ( salah satu siswa mengancungkan jarinya )
            Guru                : Iya bagus, Ahmad. Ayo sekarang pimpin doanya.
( Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar dengan dipimpin oleh Ahmad )
Guru                : Alhamdulillah ( sambil tersenyum kepada seluruh muridnya dikelas)   
.Terima kasih Ahmad ( tersenyum kepada Ahmad ).
Guru                : Baiklah sebelum kita memulai pelajaran, ibu mau bertanya pada
kalian. Apasaja yang kalian lakukan pada saat liburan sekolah?
Siswa               : Berlibur kerumah nenek, kekebun binatang, memancing, dll
Guru                : Coba kamu ceritakan bintang pasaja yang kamu jumpai dikebun
Binatang?, Dengasiapa saja kamu pergi kekebun binatang?
Siswa               : Banyak pa....,( musang,angsa, burung, ayam, monyet, orang utan,
Bekantan,dll)
Guru                : Apakah kalaian suka mengarang (menulis pengalam kalaian pada saat
liburan sekolah)?
Siswa               : Ya saya suka menulis pa, saya sering berlibur sekeluarga.
Guru                : Apa yang kalian ketahuia apa yang disebut dengan mengarang?
Siswa               : Menceritakan suatu pengalaman pribadi pak,

         2.        2.  Kegiatan Inti (10 menit)
Guru                : (menempelkan gambar yang menunjukan urutan peristiwa), coba
kalian perhatikan gambar didepan menurut bagaimana urutan gambar tersebut.* Pemusatan perhatian
Coba kalain pikirkan apa kalimat yang tepat untuk melengkapi dialok pada gambar tersebut? *Menyebarkan pertanyaan
 Siswa              : Andi  ; 4. kami semua pergi mengunkan alat transportasi bus
Guru                : gambar berikutnya, apa kalimat yang  menceritakan gambar
tersebut? *Memberikan pertanyaan
Siswa               : Beni ; 5. kami semua pergi berkreasai kekebun binatang, kami
melihat gajah, jerapah dan banayak lagi hewan/ binatang yang dapat kami lihat disana.
Guru                : Dari cerita bergambar tadi, menurut kalian apa tema yang tepat
untuk ceriatanya?* Menyebarkan pertanyaan
Siswa               : Beny ; rekreasi kekebun binatang
Guru                : bagus beni,* penguatan verbal
mungkin ada yang lain jawabanaya!
Arip menurut kamu apa tema yang tepat untuk ceriata tadi?
Siswa               : Arip ; menabung pak
Guru                : ya bagus! ,* penguatan verbal
Bagai mana, Adul menurut kamu apa tema untuk ceriata tadi?
Siswa               : Adul ; rekreasi dengan menabung
Guru                : bagus sekali Adul (sambil menepuk pundak siswa) ,* penguatan
Mimik/ geraakan
 jadi apa yang dikatakan oleh adul itu teman yang tepat untuk cerita bergambat tadi. * Pemusaatan
Guru                : Apa saja langkah-langkah dalam mengarang yang kalaian ketahui,
coba kalaian sebutkan? *Memberikan pertanyaan
Siswa               : Norma ;1. Menentukan tema dan judul,
2. Mengumpulkan bahan,
3. Menyeleksi bahan,
4. Membuat kerangka,
5. Mengembangkan kerangka karangan
Guru                : Sebelum kita mau melangkah, pertama kali kita pikirkan adalah mau
kemana kita berjalan? lalu bila menulis, apa yang akan kita tulis?
* Pemberian acuan
Apa yanag dimakasud tema dan judul tersebut menurut pemahaman
kalian? *Memberikan pertanyaan
Siswa               : Rini ; Tema adalah pokok persoalan, permasalahan, atau pokok
pembicaraan yang mendasari suatu karangan.
Guru                : bagus Dian, (sambil mengacukan jempol)
Coba kalaian sebutkan apasaja tahapan dalam menyusun kerangka karangan? * Memberikan pertanyaan
Guru diam sejenak, dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan.
* Pemberian waktu berfikir
Siswa               : Bayu; 1. Mencatat gagasan
2. Mengatur urutan gagasan,
Guru                : Ada lagi jawaban yang lainnya,
Siswa               : budi; 3. Memeriksa kembali gagasan yang telah diatur,
4.  Membuat kerangka,
Guru                : Apa yanaga dimakasud dengana kerangka karangan?* Menyebarkan
Pertanyaan
Siswa               : Sinta; karangan adalah rencana garis besar karangan berdasarkan
tingkat kepentingannya;
Guru                : ya bagus sinta...! ,* penguatan verbal
Doni bagaimana menurutmu!
Siswa               : Doni; Pokok-pokok yang akan dibicarakan;
Guru                : bagus doni...! ,* penguatan verbal
 Apakah ada lagi jawaban yang lainnya,
Siswa               : Ani; Pedoman bagi pembaca untuk mengetahui isi suatu karangan.
Guru                : Bagaimana cara mudah untuk membuat kerangka karangan?
Siswa               : akhmad, dengan pengalaman yang kita alami
Guru                : ya bagus sekali akhmad....! ,* penguatan verbal
Adakah lagi jawaban yang lain.
Siswa               : Desi; dengan mengikuti tahapan dalam menyusun kerangka karangan
yang kita pelajari tadi pak.
Guru                : ya benar sekali apa yang telah dikata-kan oleh Akhmad dan Desi tadi,
* Pemusatan perhatian 
 sebab kalau dengan menggunakan pengalaman kita yang telah kita alami maka kita dapat dengan mudah membuat/ menyusun kerangka karangan, tapi kita juga harus memperhatika bagimana tahapan dalam kerangka karangan, agar karangan kita tertulis dengan runtun.

         3.         3. Kegiatan Akhir (2 menit)
           Guru                : Alhamdulillah. Kiata sudah sampai pada akhir pelajaran hari ini tentang’ 
mengarang bebas’.
Bagaimana anak-anak apakah kalian sudah memahami materi yang bapak ajarkan hari ini ?
           Siswa               : Paham pak....!(serempak sepontan menjawab)
           Guru                : Bagus anak-anak, kalian memang pintar bapak bangga pada kalian semua.
Sekarang kita simpulkan bersama-sama apa yang telah kita pelajari hari ini bahwa pelajaran mengarang itu tidak sulit, sebab mengarang adalah sebuah cerita, hasil ciptaan atau hasil rangkaian yang pengalaman kita sehari-hari  . Apa kesimpulannya anak-anak untuk pelajaran mengarang hari ini?
            Siswa               : Mengarang harus memperhatikan langkah-langkah menulis atau
menyusun karangan.
Guru                : Apa saja langkah-langkah menulis atau menyusun karangan? 
Siswa               : a. Menentukan tema
b. Menentukan judul
c. Membuat kerangka karangan
d. Menyusun atau mengembangkan kerangka karangan
          Guru                : Nah sekarang sebelum pulang mari kita berdoa. Siapa sekarang yang  
ingin memimpin doa?
          Siswa               : Saya bu. ( Dika mengangkat tangan )
( Guru bersama-sama siswa membaca doa dipimpin oleh Dika)
          Guru                : Bapak akhiri pelajaran hari ini.
Summassalamualaikum Warahmatullahiwabarakatu
          Siswa               : Waalaikum Warahmatullahiwabarakatuh. Terimakasih bu.
          Guru                : Jangan lupa kerjakan Pr-nya ya ? ( beranjak meninggalkan kelas )
          Siswa               : Iya pak

IV.             Alat dan sumber belajar:
Alat     ; gambar
Sumber; buku Bahasa Indonesia kelas iv

V.                Penilaian : Lisan &Tes tertulis

Banjarmasin,…Februari 2012
Mengetahuai                                                                            Mahasiswapraktekan
Kepala Sekoalah

                       
(                                )                                                              (                                  )
Nip.                                                                                         Nim.

1 komentar:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus