Rabu, 30 November 2011

“PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING” “DI SD : KELAS III DAN IV”

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
         Banyak permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami pelajaran, untuk itu Bimbingan Konseling hadir untuk menengahi permasalahan yang ada sehingga tercipta suasana belajar yang efektif dan efisien.
B.  Rumusan Masalah
      Adapun  yang akan dibahas dalam makalah ini adalah layanan bimbingan konseling pada anak kelas III dan IV.
C.  Tujuan
         . Tujuan makalah ini adalah untuk membantu permasalahan yang dihadapi anak dalam kegiatan belajar khususnya di Sekolah yang perlu pengawasan oleh pihak sekolah sehingga dapat membantu anak untuk lebih focus dan giat dalam belajar.
D.  Metode
         Dalam penulisan makalah ini kami sebagai tim penyusun menggunakan metode resume yang kami ambil dari buku Pelayanan Bimbingan dan Konseling karangan Prof. Dr. Prayitno, M.Sc, Ed.
E.  Sistematik
         Ada beberap cara atau sistematik untuk dapat menyusun makalah ini, yaitu :
A.    Menentukan tema yang akan dibahas
B.     Merumuskan masalah yang akan diterangkan dan menyusunnya dengan jelas
C.     Menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti oleh pembaca



BAB II
ISI
“PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING”
“DI SD : KELAS III DAN IV”

A.    LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
1.      Layanan Orientasi dan Informasi
a.      Materi Layanan Orientasi dan Informasi
Materi orientasi dan informasi di Kelas III dan IV SD pertama – tama merupakan pemantapan dari materi pelayanan di kelas sebelumnya . Lebih jauh, materi tersebut ditingkatkan dan diperluas sehingga mencakup pokok-pokok berikut :
(1)   Materi bimbingan pribadi
-          Informasi tentang perlunya mengenal dan menerima diri sendiri sebagaimana adanya
-          Informasi (sederhana) tentang hidup sehat dan cara-cara menyelenggarakannya
(2)   Materi bimbingan social
-          Informasi tentang perlunya bergaul berdasarkan aturan, nilai-nilai agama dan sopan santun serta akibat-akibat yang timbul apabila hal-hal itu dilanggar
-          Informasi tentang perlunya pergaulan dengan teman sebaya, baik di sekolah maupun diluar sekolah
(3)   Materi bimbingan belajar
-          Informasi tentang mata pelajaran dan kegiatan lainnya yang perlu dikembangkan di Kelas III dan IV
-          Informasi tentang pengaturan jadwal kegiatan belajar, olahraga, latihan keterampilan, dan kegiatan ekstrakurikuler
-          Informasi tentang fasilitas sumber dan alat bantu belajar termasuk alat olahraga yang ada dikelas III atau IV dan bagaimana memanfaatkannya
-          Informasi tentang bagaimana mencatat secara baik materi pelajaran dari guru
-          Informasi tentang bagaimana mempersiapkan diri dan mengikuti pelajaran di dalam kelas, belajar sendiri, belajar kelompok, dan mengerjakan tugas-tugas
-          Informasi tentang syarat-syarat naik kelas dan apa akibatnya kalau tidak naik kelas
(4)   Materi bimbingan karier
-          Informasi tentang perlunya memperoleh pengasilan dan pengembangan karier
-          Informasi awal dan sederhana tentang pekerjaan dan usaha-usaha memperoleh penghasilan, misalnya untuk pekerjaan bidang pertanian, berjualan dipasar dan kaki lima, dan usaha angkutan sederhana

b.      Pelaksanaan Layanan Orientasi/Informasi
Materi orientasi dan informasi di kelas III dan IV lebih meluas dan mendalam. Informasi tentang keadaan sekolah bersifat mendalam mengkuti pengalaman siswa di kelas-kelas sebelumnya. Seiring dengan hal tersebut, peranan orang tua tidak lagi sepenting ketika para siswa memasuki SD. Informasi dapat langsung diberikan oleh guru kelas kepada siswa dan siswa dapat langsung menerima dan memahami berbagai informasi itu sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.

2.      Layanan Penempatan /Penyaluran
a.      Materi Layanan Penempatan/Penyaluran
(1)   Materi bimbingan pribadi
-          Posisi duduk harus sesuai dengan kepribadian anak
-          Penempatan kelompok yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya
-          Dalam kegiatan Eks-Kul seperti Pramuka, Kesenian, Olah Raga dsb


(2)   Materi bimbingan social
-          Dalam kegiatan kelompok sebaya, sehingga siswa mampu saling memberi dan menerima serta berkomunikasi secara dinamis, kreatif, dan produktif, seperti kelompok diskusi karyawisata dan sebagainya
-          Dalam kegiatan kesiswaan seperti kepengurusan kelas
(3)   Materi bimbingan belajar
-          Dalam kelompok belajar, tanpa membedakan kemampuan siswa
-          Dalam kelompok belajar dan latihan yang didasarkan pada kemampuan siswa
-          Dalam program pegajaran khusus sesuai dengan kebutuhan siswa
-          Persiapan untuk mengikuti ulangan umum atau ujian kenaikan kelas

b.      Pelaksanaan Layanan Penempatan/Penyaluran
Sesuai dengan tingkat perkembangannya, siswa kelas III dan IV sudah dapat diajak berbicara tentang kemungkinan dan rencana penempatan/penyaluran yang akan dilakukan oleh guru kelas.

3.      Layanan Pembelajaran
a.      Materi Layanan Pembelajaran
(1)   Materi bimbingan pribadi
-          Pengungkapan diri siswa apa adanya, pengalaman, hal yang disukainya, keinginan dan cita-citanya
-          Pengungkapan diri siswa tentang keberhasilannya dalam belajar dan hal-hal yang menghalanginya dalam belajar
-          Pengungkapan diri siswa tentang kesehatannya dan hal-hal yang menyebabkan kesehatannya terganggu
(2)   Materi bimbingan social
-          Upaya penilaian dan perbaikan terhadap penampilan pergaulan siswa yang melanggar atau tidak sesuai dengan aturan, nilai agama, dan sopan santun, baik sesama siswa, dengan guru maupun dengan teman sebaya lain dan orang dewasa lain
(3)   Materi bimbingan belajar
-          Bantuan terhadap siswa dalam kegiatan belajar, olahraga dan kegiatan lainnya
-          Bantuan kepada siswa menemukan dan memanfaatkan sumber dan alat bantu belajar yang diperlukan
-          Bantuan kepada siswa untuk memperbaiki buku catatan pelajarannya
-          Bantuan kepada siswa dalam kegiatan belajar sendiri, belajar kelompok, dan mengerjakan tugas-tugas
(4)   Materi bimbingan karier
-          Pemahaman awal tentang informasi sederhana berkenaan dengan pekerjaan dan usaha-usaha memperoleh penghasilan

b.      Pelaksanaan Layanan Pembelajaranktif
Sesuai dengan perkembangan kemampuan mereka siswa-siswa kelas III dan IV sudah dapat lebih aktif terlibat dalam pelayanan bimbingan dan konseling untuk mereka. Sebagaimana dalam pelayanan informasi dan penempatan/penyaluran, dalam layanan pembelajaran para siswa dapat lebih mengahayati dan lebih aktif mengikuti kegiatan serta terlibat secara aktif dan langsung dalam setiap materi layanan pembelajaran.

B.     KEGIATAN PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING
1.      Aplikasi Instrumentasi dan Himpunan Data
Siswa dapat mengisi isian sederhana, misalnya tentang mata pelajaran yang disukainya, hal-hal yang tidak disukainya disekolah dan dirumah, apa-apa yang disukai dan tidak disukainya tentang kawan-kawannya, dan lain sebagainya.
Data yang diperoleh dari kegiatan tersebut dipergunakan oleh guru untuk dasar mengambil langkah-langkah pelayanan bimbingan dan konseling untuk jenis layanan tertentu dengan materi yang sesuai dengan pengungkapan para siswa itu.



2.      Konferensi Kasus
Dengan diadakannya suatu forum diskusi yang melibatkan pihak-pihak terkait (Guru Kelas, Guru MaPel, KepSek,Orang tua dan Tenaga ahli) yang diharapkan dapat memberikan data dan keterangan lebih lanjut serta kemudahan bagi terentaskannya permasalahan yang dialami siswa yang bersangkutan.

3.      Kunjungan Rumah
Siswa kelas III dan IV sudah dapat diajak mempersiapkan kunjungan rumahnya dan diajak membicarakan hasil kunjungan rumah itu yang hasilnya untuk pemecahan masalah yang dihadapi siswa yang bersangkutan.

4.      Alih Tangan Kasus
Alih tangan kasus bertujuan mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas atas masalah yang dialami siswa, dengan jalan memindahkan penanganan kasus dari satu pihak kepada pihak yang lebih ahli.
Guru Kelas perlu membicarakan rencana alih tangan secara lebih mendalam dengan siswa, jika perlu dengan mengikutsertakan orang tuanya, sehingga keuntungan-keuntungan alih tangan dapat dipahami dan diterima oleh siswa dan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar